Manusia -2007


Sebuah esai tentang eksistensi manusia dan kebenaran sejati.
An essay about human existance and unmitigated truth.






Manusia

Aku, Manusia, sebuah jiwa yang ada dari raga, rasa dan logika.
Tubuhku duduk di sini, pikiranku meresap logika, sementara hati tertuju pada sebuah citra.
Sebuah kerinduan manusia untuk bersatu dengan alam, dengan dirinya.
Dengan alasan itu manusia berdoa. Mecari saat dimana jiwanya menjadi satu.
Dikala raga, rasa dan logika membaur menjadi satu jiwa.
Aku membaur di dalam ruang gelap, menghisap asap harapan. Ingin mencoba mencicipi sedikit keabadian.
Untuk menjadikanku sempurna. Menyatukan raga, rasa dan logika. Mengarahkan hati, menyatukan segala dengan tubuh dan pikiran. Denganmu aku berdoa.
Di tengah keheningan, aku sadar tentang betapa hidupnya aku, betapa utuhnya aku, sebagai manusia.
Tetapi manusia lain meliatku berbeda.
Mengapa kamu menilaiku?
Menghakimiku di saat kau menjadi sempurna?
Mengatasnamakan norma dan menjadikan kebenaranmu sejati?
Mengapa doa sebuah nista?
Menjadikan kebenaranku sampah?
Bukankah kebenaran sejati menyisakan ruang-ruang kosong bagi kebenaran -kebenaran lain?

Text & Photo: Mahatma Putra

English Translation: soon

Foto dan tulisan telah dipamerkan pada pameran:
Photos & essay already exhibited in:

"UNBREAKABLE"
PAMERAN UMUM:
5 APRIL - 6 MEI 2007
PUKUL 09.00 - 20.00 WIB



GALERI FOTO JURNALISTIK ANTARA
JL. ANTARA NO. 59, PASAR BARU
JAKARTA 10710, TELP/FAX: [021-3458771]
www.gfja.org

Comments

Popular posts from this blog

Heart of Gold

Kandy-Colombo-Kandy

Seminggu Pertama di Sri Lanka!